Visitor LIVE

Mesothelioma Cancer News Diagnóstico y tratamiento del mesotelioma pleural maligno Mesothelioma Law Firm mesothelioma cancer mesothelioma asbestos

Syair Gulung Khas Ketapang Juara I Di FSBM X Putusibau

IKLAN 300x600 ( Yang Sudah Diparse)
KETAPANG-Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Ketapang, mengirimkan utusan sebanyak 105 orang peserta dalam kegiatan Festival Seni Budaya melayu Tingkat provinsi Kalimantan Barat ke X di Putusibau Kabupaten Kapuas Hulu.

Humas Sekda Ketapang melalui Adi Alwi dalam Siaran Persnya yang diterima Redaksi www.kabar65.comSenin (22/12/2014) menjelaskan bahwa,pembukaan FSBM ke-X dihelat sejak tanggal, 17 s/d 23 Desember 2014, ditandai ditekannya tombol serine oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar Drs M Zeet Hamdi Assovie MTM yang langsung disambut dengan pesta kembang api. Kemeriahan pada pembukaan yang dihadiri ribuan warga distadion Uncak Kapuas.

Lomba tangkai syair Melayu putra dan putri dimenangkan oleh peserta dari kontigen Kabupaten Ketapang, Jumat (19/12/2014). Juara I putra syair Melayu, atas nama Fadli Setiayawan dan Juara I Putri Syair Melayu atas nama Irma Suryanti. Syair yang dibawakan peserta dari Kabupaten Ketapang berupa syair gulung khas Ketapang. syair yang didendangkan berbeda dengan syair daerah lain. Alunan syair yang lembut dan menyentuh hati dan terkadang bersemangat menggugah hati.


Lomba tangkai syair putra dengan nomor undian sepuluh dari kontigen Kabupaten Ketapang mendapatkan total nilai 990. Sedangkan pemenang satu tangkai syair putri dengan nomor undian sepuluh dari kontigen Kabupaten Ketapang mendapatkan total nilai 1005. Nilai yang dihasilkan oleh kedua peserta merupakan nilai paling tertinggi dibandingkan dengan nilai peserta lain.


Ketua juri, Syarifah Aini Adni memaparkan kesalahan peserta secara umum mulai dari rasa ketegangan yang sulit dihindari, pengambilan nada suara yang terlalu tinggi, dan pengucapan kata yang kurang jelas bahkan pemenggalan kata yang salah. Seperti yang diungkapkan Syarifah, ”Pertama, jangan diawali dengan ketengangan sehingga suara peserta pada waktu berikutnya menjadi kurang bagus. Kedua, Pengucapan dalam pemenggalan kata jangan salah sehingga menimbulkan salah pemaknaan.

Syarifah juga mengajak masyarakat untuk melestarikan kebudayaan melayu yang satu ini, “Syair yang kita lombakan menjadi kepunyaan Melayu dinegeri kita sendiri yaitu Kalimantan Barat. Maka dari itu mari kita lestarikan dengan cara pembacaan syair dengan bagus,” ujarnya.

Sementara itu H Rustam pengurus MABM Ketapang mengatakan keikutsertaan MABM Ketapang tidak sekedar mengikuti lomba dan pertandingan, akan tetapi penting dalam upaya melestarikan adat dan seni budaya melayu dimanapun puak melayu itu berada.

"Ajang perhelatan seperti ini untuk merekat rasa persaudaraan sesama puak melayu dan dan masyarakat Kalimatan Barat " katanya.


Rustam atas nama Pengurus MABM Ketapang mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Ketapang dan sponsor yang telah membantu mengirim utusan MABM Kabupaten Ketapang ke bumi Uncak Kapuas FSBM ke X di Putusibau tingkat provinsi Kalbar.***(SP/k65)
IKLAN RENPONSIF ( Yang Sudah Diparse )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syair Gulung Khas Ketapang Juara I Di FSBM X Putusibau"

Post a Comment